Bagaimana Caranya Berobat Ke Luar Negeri Pakai Asuransi Kesehatan? – mantishome

Posted on

Asuransi kesehatan memudahkan seorang untuk memperoleh akses penyembuhan yang lebih baik. Pada sebagian industri asuransi, cakupan akses penyembuhannya pula diperluas, bukan cuma rumah sakit dalam negara tetapi pula luar negara. Nah, gimana triknya memakai asuransi kesehatan bila Kamu mau berobat ke luar negara? Ikuti ulasannya di dasar ini.

Mengapa banyak orang berobat ke luar negara?

Teknologi serta pakar kedokteran di Indonesia telah tumbuh serta terus menjadi maju. Apalagi, pemerintah pula sediakan rumah sakit bertaraf internasional buat mendukung sarana serta kecanggihan perlengkapan kedokteran. Tetapi, atensi warga buat melaksanakan penyembuhan ke luar negara nyatanya masih besar. Apa sebabnya?

Bagi Kartono Mohamad, Mantan Pimpinan Universal Pengurus Besar Jalinan Dokter Indonesia, semacam dikutip dari Kompas, terdapat sebagian alibi mengapa banyak warga Indonesia memilah berobat ke luar negara.

Di antara lain merupakan totalitas bayaran penyembuhan yang nyatanya lebih murah, teknologi yang lebih mencukupi ataupun lebih mutahir, dan pelayanan kesehatan yang diterima penderita lebih baik.

Bisakah asuransi kesehatan digunakan buat penyembuhan ke luar negara?

Meski asuransi kesehatan mempermudah Kamu buat membayar bayaran penyembuhan rumah sakit, tiap industri asuransi mempunyai kebijakan serta produk yang berbeda.

Misalnya asuransi kesehatan JKN- KIS yang dikeluarkan serta dikelola oleh BPJS Kesehatan. BPJS sampai saat ini tidak membagikan pelayanan buat penyembuhan yang dicoba rumah sakit luar negara.

Sedangkan itu, industri asuransi swasta nasional telah banyak yang membagikan pelayanan kesehatan sampai ke luar negara. Terlebih buat industri asuransi swasta internasional, akses penyembuhan ke luar negara pastinya hendak lebih dipermudah.

Jadi, dapat ataupun tidaknya asuransi digunakan buat penyembuhan ke luar negara bergantung pada asuransi yang Kamu miliki.

Metode memakai asuransi kesehatan buat berobat ke luar negeri

Saat sebelum Kamu membuat asuransi kesehatan, umumnya pihak asuransi hendak menarangkan sistem cashless dan reimburse. Kedua sistem ini wajib Kamu pahami lebih dahulu, biar dapat Kamu pakai serta manfaatkan sebaik bisa jadi. Tercantum buat mengurus bayaran berobat ke rumah sakit di luar negara.

Sistem cashless memberikan kemudahan buat berobat tanpa menghasilkan bayaran. Kamu cuma butuh menampilkan kartu keanggotaan asuransi pada pihak rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan pihak asuransi. Setelah itu, pihak rumah sakit hendak mengecek masa aktif kartu asuransi Kamu.

Bila Kamu mau berobat ke luar negara dengan sistem cashless, yakinkan lebih dulu rumah sakit mana yang bekerja sama dengan pihak asuransi. Selanjutnya, Kamu butuh menginformasikan rencana perawatan tersebut pada pihak asuransi.

Lain halnya dengan sistem reimburse, Anda wajib membayar bayaran penyembuhan rumah sakit dengan dana sendiri. Setelah itu, bayaran penyembuhan tersebut dapat digantikan oleh pihak asuransi dengan metode diklaim. Saat sebelum berobat, Kamu wajib melaksanakan konfirmasi lebih dahulu kepada administrator pihak ketiga( Third Party Administrator/ TPA).

Sehabis memperoleh perawatan, kuitansi ataupun nota pembayaran rumah sakit, catatan pengecekan, serta pesan dokter wajib Kamu ajukan kepada pihak asuransi buat memperoleh ubah rugi alias reimbursement.

Panduan berobat ke luar negara dengan asuransi kesehatan

Terdapat sebagian perihal yang butuh Kamu perhatikan saat sebelum memakai asuransi kesehatan buat berobat ke luar negara, antara lain:

  • Yakinkan kalau polis Kamu masih aktif serta tidak terdapat tunggakan premi.
  • Yakinkan kalau pelayanan asuransi yang Kamu seleksi memanglah sediakan akses berobat ke luar negara.
  • Seleksi rumah sakit luar negara yang bekerja sama dengan industri asuransi Kamu.
  • Yakinkan aksi serta perawatan yang Kamu mau memanglah ditanggung oleh asuransi, sebab terdapat sebagian aksi seperti operasi plastik kosmetik yang tidak hendak ditanggung asuransi.
  • Jalani verifikasi terlebih dulu kepada pihak asuransi buat penyembuhan serta lengkapi dokumen yang dibutuhkan
  • Memperoleh konfirmasi agenda aksi kedokteran dari rumah sakit yang Kamu tuju.

Seleksi bayaran perawatan yang dapat ditanggung oleh pihak asuranasi biar Kamu tidak butuh membayarkan selisih biayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *